HPK

mesothelioma survival rates,structured settlement annuity companies,mesothelioma attorneys california,structured settlements annuities,structured settlement buyer,mesothelioma suit,mesothelioma claim,small business administration sba,structured settlement purchasers,wisconsin mesothelioma attorney,houston tx auto insurance,mesotheliama,mesothelioma lawyer virginia,seattle mesothelioma lawyer,selling my structured settlement,mesothelioma attorney illinois,selling annuity,mesothelioma trial attorney,injury lawyer houston tx,baltimore mesothelioma attorneys,mesothelioma care,mesothelioma lawyer texas,structered settlement,houston motorcycle accident lawyer,p0135 honda civic 2004,structured settlement investments,mesothelioma lawyer dallas,caraccidentlawyer,structured settlemen,houston mesothelioma attorney,structured settlement sell,new york mesothelioma law firm,cash out structured settlement,mesothelioma lawyer chicago,lawsuit mesothelioma,truck accident attorney los angeles,asbestos exposure lawyers,mesothelioma cases,emergency response plan ppt,support.peachtree.com,structured settlement quote,semi truck accident lawyers,auto accident attorney Torrance,mesothelioma lawyer asbestos cancer lawsuit,mesothelioma lawyers san diego,asbestos mesothelioma lawsuit,buying structured settlements,mesothelioma attorney assistance,tennessee mesothelioma lawyer,earthlink business internet,meso lawyer,tucson car accident attorney,accident attorney orange county,mesothelioma litigation,mesothelioma settlements amounts,mesothelioma law firms,new mexico mesothelioma lawyer,accident attorneys orange county,mesothelioma lawsuit,personal injury accident lawyer,purchase structured settlements,firm law mesothelioma,car accident lawyers los angeles,mesothelioma attorneys,structured settlement company,auto accident lawyer san francisco,mesotheolima,los angeles motorcycle accident lawyer,mesothelioma attorney florida,broward county dui lawyer,state of california car insurance,selling a structured settlement,best accident attorneys,accident attorney san bernardino,mesothelioma ct,hughes net business,california motorcycle accident lawyer,mesothelioma help,washington mesothelioma attorney,best mesothelioma lawyers,diagnosed with mesothelioma,motorcycle accident attorney chicago,structured settlement need cash now,mesothelioma settlement amounts,motorcycle accident attorney sacramento,alcohol rehab center in florida,fast cash for house,car accident lawyer michigan,maritime lawyer houston,mesothelioma personal injury lawyers,personal injury attorney ocala fl,business voice mail service,california mesothelioma attorney,offshore accident lawyer,buy structured settlements,philadelphia mesothelioma lawyer,selling structured settlement,workplace accident attorney,illinois mesothelioma lawyer

Menu Navigasi

Cara Mempartisi SD Card Untuk Link2SD

Salah satu faktor yang mengharuskan kita memakai Link2SD yaitu karena ingin melegakan memory internal yang hampir penuh. Dengan cara memindahkan semua data dari aplikasi ke ekternal sd card merupakan jalan terbaik.

Namun begitu yang jadi permasalahannya, jika kita menggunakan link2sd untuk memindahkan aplikasi ke sd card, aplikasi yang satu ini hanya mensupport partisi sd card kedua diantaranya ext2, ext3, ext4, dan f2fs. Seperti yang kita tahu pada umumnya format partisi dari micro sd card adalah FAT32 maka harus dibuatkan lebih dulu partisi ke-2 nya.

Sebelumnya saya juga sudah pernah memposting artikel tentang cara memindahkan file data dan obb aplikasi ke eksternal sd card dengan foldermount. Dimana cara ini tidak memerlukan partisi kedua, akan tetapi tidak semuanya bisa dipindahkan seperti file dari aplikasinya sendiri.

Seperti yang direkomendasikan link2sd, tool yang akan dipakai untuk membuat partisi kali ini adalah MiniTool Partition Wizard, software sebuah PC. Cara penggunaannyapun terbilang mudah menurut saya sih, asalkan bisa ikuti panduannya dengan benar maka akan berhasil.

Cara partisi SD Card dengan MiniTool

Siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang diperlukan, diantaranya:

  • Micro Sd Card, recomended ukuran minimal 2GB dan untuk class nya sendiri antara 4 sampai 10. Semakin tinggi nilai classnya semakin bagus kualitas dan peformanya.
  • Card reader
  • PC atau laptop
  • Dan tentunya MiniTool Partition Wizard bisa diambil disini.

Saya hanya merekomendasikan menggunakan card reader sebagai perantara. Jangan sesekali mencoba memakai kabel data yang tersambung langsung ke handphone. Saya juga belum pernah mencobanya jadi gak tahu resikonya seperti apa.. pokoknya jangan deh, takutnya nanti malah ke format internalnya nambah berabeh :-D.


Saya anggap semua perlengkapan sudah siap, sekarang simak tutorialnya seperti berikut:

Langkah pertama

Sambungkan card reader yang sudah terpasang micro sd card ke PC tanpa kabel data. Dan jangan lupa backup dulu semua file yang ada didalamnya, karena jika sudah dipartisi semua file akan hilang.

Langkah kedua

Install dan buka Minitool partition wizard, nanti akan terlihat tampilannya seperti gambar dibawah.

cara mempartisi sd card untuk link2sd

Perhatikan:

  • Disk 1 adalah partisi dari memory PC atau laptop jadi jangan diutak-atik.
  • Disk 2 adalah partisi dari micro sd card yang akan kita rubah.


Langkah ketiga

Arahkan cursor ke Disk 2 tepatnya dibagian partisinya kemudian klik kanan, pilih Delete untuk mengosongkan formatnya lebih dulu. Saya sendiri menggunakan yang 16GB class 10 tapi yang abal-abal dan hanya terbaca 14GB an.

Langkah keempat

Klik kanan lagi dibagian tersebut dan pilih Create untuk membuat partisi yang pertama. Dan akan menampilkan halaman seperti berikut:

cara mempartisi sd card untuk link2sd

Keterangan:

  • Partition Label: untuk memberi nama pada label partisi, dikosongkan juga gak masalah.
  • Create As: pilih Primary
  • File System: pilih FAT32
  • Drive Letter: pilih mau di drive mana, biasanya akan otomatis sendiri.
  • Cluster Size: Default
  • Partition Size: atur sesuai kebutuhan, karena ini partisi utama yang berfungsi untuk menyimpan file-file anda jadi gunakan yang lebih besar dan sisanya nanti untuk partisi kedua link2sd.

Klik OK.

Langkah kelima

Setelah partisi pertama dibuat terlihat ada partisi kedua yang masih kosong (Unallocated), nah partisi inilah yang akan kita buat menjadi Ext2.

Klik kanan pada pada partisi kedua yang masih kosong tersebut dan pilih Create. Jika muncul notification klik Yes, dan akan menampilkan halaman pengaturan partisi lagi seperti berikut:

cara mempartisi sd card untuk link2sd

Keterangan:

  • Partition Label: terserah mau diisi atau tidak.
  • Create As: pilih Primary
  • File System: pilih Ext2, sebenarnya untuk partisi kedua bisa juga memakai format lain seperti penjelasan diatas, tapi karena kemampuan dari micro sd card terbatas jadi pakai ext2 saja yang stabil.
  • Drive Letter: None
  • Cluster Size: Default
  • Partition Size: biarkan saja karena kita akan memakai semua sisanya.

Klik OK.

Langkah keenam

Semua pembagian partisi sudah diatur, sekarang tinggal menjalankan proses pembuatannya. Semua pengaturan yang sudah dilakukan terlihat disisi kiri dibagian Operations Pending.

cara mempartisi sd card untuk link2sd

Jika dirasa sudah beres semua Klik Apply yang berlogo ceklis dipojok kiri atas. Nanti ada notification peringatan muncul seperti gambar berikut.

cara mempartisi sd card untuk link2sd

Note:
Sebelum mengeklik Yes, anda harus mengeluarkan semua halaman/aplikasi yang sedang aktif seperti file manager, browser, dll. Maupun modem jika sedang terpasang segera dilepas, intinya hanya Minitool dan card reader saja yang aktif.

Klik Yes.

Proses pembuatan partisi sedikit lama kurang lebih 5 menitan bahkan lebih tergantung kapasitas memory micro sd card dan jumlah partisi yang dibuat. Jadi tunggu saja sampai selesai sambil ngopi hehee...
Bagikan ke Facebook

Artikel Terkait