HPK

mesothelioma survival rates,structured settlement annuity companies,mesothelioma attorneys california,structured settlements annuities,structured settlement buyer,mesothelioma suit,mesothelioma claim,small business administration sba,structured settlement purchasers,wisconsin mesothelioma attorney,houston tx auto insurance,mesotheliama,mesothelioma lawyer virginia,seattle mesothelioma lawyer,selling my structured settlement,mesothelioma attorney illinois,selling annuity,mesothelioma trial attorney,injury lawyer houston tx,baltimore mesothelioma attorneys,mesothelioma care,mesothelioma lawyer texas,structered settlement,houston motorcycle accident lawyer,p0135 honda civic 2004,structured settlement investments,mesothelioma lawyer dallas,caraccidentlawyer,structured settlemen,houston mesothelioma attorney,structured settlement sell,new york mesothelioma law firm,cash out structured settlement,mesothelioma lawyer chicago,lawsuit mesothelioma,truck accident attorney los angeles,asbestos exposure lawyers,mesothelioma cases,emergency response plan ppt,support.peachtree.com,structured settlement quote,semi truck accident lawyers,auto accident attorney Torrance,mesothelioma lawyer asbestos cancer lawsuit,mesothelioma lawyers san diego,asbestos mesothelioma lawsuit,buying structured settlements,mesothelioma attorney assistance,tennessee mesothelioma lawyer,earthlink business internet,meso lawyer,tucson car accident attorney,accident attorney orange county,mesothelioma litigation,mesothelioma settlements amounts,mesothelioma law firms,new mexico mesothelioma lawyer,accident attorneys orange county,mesothelioma lawsuit,personal injury accident lawyer,purchase structured settlements,firm law mesothelioma,car accident lawyers los angeles,mesothelioma attorneys,structured settlement company,auto accident lawyer san francisco,mesotheolima,los angeles motorcycle accident lawyer,mesothelioma attorney florida,broward county dui lawyer,state of california car insurance,selling a structured settlement,best accident attorneys,accident attorney san bernardino,mesothelioma ct,hughes net business,california motorcycle accident lawyer,mesothelioma help,washington mesothelioma attorney,best mesothelioma lawyers,diagnosed with mesothelioma,motorcycle accident attorney chicago,structured settlement need cash now,mesothelioma settlement amounts,motorcycle accident attorney sacramento,alcohol rehab center in florida,fast cash for house,car accident lawyer michigan,maritime lawyer houston,mesothelioma personal injury lawyers,personal injury attorney ocala fl,business voice mail service,california mesothelioma attorney,offshore accident lawyer,buy structured settlements,philadelphia mesothelioma lawyer,selling structured settlement,workplace accident attorney,illinois mesothelioma lawyer

Menu Navigasi

Cara Memindahkan Data Obb Game Atau Aplikasi Ke Eksternal SD Card

Sudah banyak aplikasi di google play yang fungsinya untuk memindahkan data aplikasi maupun file obb suatu game. Dan kali ini saya ambil satu dari sekian aplikasi, yang akan saya bahas berikut tutorial cara menggunakannya.

cara memindahkan obb ke sd card

Aplikasi ini bernama FolderMount, cara kerjanya dia akan membuat link folder data atau obb dari aplikasi yang ada di internal ke eksternal sd card. Untuk memindahkan file data mencakup semua aplikasi termasuk game juga bisa, sedangkan file obb sendiri biasanya hanya terdapat pada game-game tertentu. File obb bisa anda temui di internal sdcard0/Android/obb.

Cara ini membutuhkan hak akses root dan tidak berjalan untuk perangkat yang masih resmi. Bagi yang belum pernah root androidnya sebaiknya harus tahu dulu kelebihan dan resiko setelah root android, sebelum memutuskan untuk melakukan rooting.

Cara memindahkan Data / Obb dengan FolderMount

#1. Install FolderMount dari google play. Kemudian buka aplikasinya dan berikan izin dari superuser.

#2. Klik menu dibagian pojok kiri atas dan pilih Apps analyzer. Cari aplikasi yang akan dipindahkan file data/obb nya, gambar dibawah saya memilih game Asphalt 8.

cara memindahkan obb ke sd card

#3. Dari gambar diatas terlihat size data dibagian atas dan obb dibawahnya. Klik Create pair, terserah mau yang mana duluan, file obb nya saja juga gak apa-apa.

#4. Setelah diklik akan muncul keterangan pilih Yes, nanti akan terlihat lokasi file sebelum dan sesudahnya.

cara memindahkan obb ke sd card

#5. Beri ceklist di bagian Exclude from media scan. Ini berfungsi untuk meremove file data/obb yang ada di internal supaya tidak terjadi duplikat file jika sudah dipindahkan ke eksternal sdcard. Tetapi fitur ini masih Beta jadi mungkin dibeberapa perangkat tidak berfungsi alias terjadi duplikat file. Jangan khawatir meskipun nanti filenya ada 2, memori internal tidak akan termakan sama file tersebut.

#6. Klik tanda ceklis pada bagian atas dan tunggu sampai proses pemindahan selesai, anda bisa mengeceknya dibagian status bar.

#7. Jika pemindahan sudah selesai jangan lupa balikin lagi ke tampilan utama dan klik icon Pin dipojok kiri bawah atau langsung disebelah aplikasinya supaya berubah warnanya menjadi hijau. Dengan demikian file data/obb sudah benar-benar dipindahkan ke eksternal sdcard dan aplikasinyapun berjalan dengan baik.

cara memindahkan obb ke sd card

Note: Untuk mengembalikannya seperti semula tinggal klik icon Pin supaya berwarna putih, kemudian tekan dan tahan lalu hapus. Nanti file data/obb akan berpindah ketempatnya semula.

Cukup mudah bukan?
Dengan melakukan ini memori internal tidak akan berkurang dan kinerja perangkatpun akan tetap lancar. Tetapi ada sedikit kekurangan menggunakan trik ini yaitu hanya bisa memindahkan file data/obb aplikasi saja dan bukan file aplikasinya. Untuk memindahkan aplikasi anda bisa menggunakan Link2sd plus.
Bagikan ke Facebook

Artikel Terkait